Kenapa anda seharusnya tidak memiliki banyak blog

7 Jul

Sekali anda semua ngeblog, anda pasti kepengen ngeblog lagi. Hampir semua orang yang ngeblog tentang apa yang mereka suka akan setuju dengan pernyataan tersebut. Banyak blogger yang seringkali online hanyalah mengejar duit duit dan duit, dan satu cara bagaimana mereka membuatnya lebih cepat dan mudah adalah menulis beberapa blog. Tapi apakah hal tersebut memang yang terbaik untuk mencapainya ?

Menjalankan lebih dari 1 blog sih keliatan enak. Jika anda suka memasak dan mendesain, anda pasti gak akan bisa nggabunginnya jadi satu blog. Jadi, anda berencana untuk membuat sebuah blog untuk masing – masing topik, Hmmm masih masuk akal πŸ™‚

Tapi hanya karena itu menyenangkan dan merupakan gerakan yang pintar anda merasa bahwa anda harus menulis tentang kedua topik tersebut, apakah hal itu sangatlah masuk akal? Maksudku, dengan dua blog anda bakalan tertekan dengan waktu lebih dari apapun. Tuhan melarang kita untuk membuat komitmen lain, karena anda harus memaksimalkan waktu anda untuk membuat kedua blog anda terlihat keren!

Tapi, jika anda berencana untuk berhenti dan fokus pada satu blog, itu langkah yang bagus karena mungkin akan lebih memudahkan anda.

Kebanyakan orang bakalan ga setuju jika saya mengatakan bahwa “menjalankan banyak blog adalah ide yang buruk dan akan memakan semua waktu anda. Tetapi jika anda bisa menjalankan lebih dari satu blog pada satu waktu dan memiliki banyak waktu, maka anda mungkin tidak menjalankan kedua blog tersebut dengan baik.

Saya tahu jika satu blog hanya memakan kurang lebih beberapa menit selama 1 minggu, saya pun tidak bisa membayangkan bagaimana dengan yang kedua atau bahkan yang ketiga.

Saya bisa mengatakan bahwa merupakan ide buruk bila menjalankan lebih dari satu blog dalam satu waktu, dikarenakan masalah waktu. Simpel kan, anda seharusnya TIDAK menjalankan lebih dari satu blog mengingat waktu yang bakalan anda konsumsi (Based on Experience).

Santai saja ini tidak segila kedengarannya

NgeBlog itu masalah menghabiskan waktu, ya saya tahu. Tapi, kenapa menghabiskan banyak waktu dari yang benar – benar kamu butuhin? seperti yang aku bilang (mungkin anda semua bakalan setuju semua πŸ™‚ ), satu blog saja memakan banyak waktu jadi kenapa nambah – nambah pekerjaan diatasnya ?

Kalo menurutku sih buat ngejalanin blog yang sukses (aminnn) itu kita harus punya rutinitas kek gini

  1. Nulis blog konten (fokus satu konten saja)
  2. Marketing blog, kuasai niche blog anda
  3. Cari pengunjung setia blog anda
  4. Membuat cornerstone content, jadi menglist kan dan melink kan konten spesifik yang ada di blog anda (resource lebih lanjut bisa baca di copyblogger)
  5. Buat boglΒ anda menjadi blog luar biasa (blog yang tak biasa *sama saja yah?*)

Banyak yang harus dikerjain? Coba bayangin kaliin dua atau tiga kali dan kita lihat seberapa lama anda bisa bertahan dengan sebuah blog baru atau bahkan dua. Satu aja udah susah bagi saya, pernahkah anda berfikir begitu?

Mungkin terdengar seru yah bikin blog baru lagi. Saya juga ngerasaain secara personal, soalnya saya juga pernah nyoba dan nyoba lagi buat ngelakuinnya. Tapi ayo kita hadapi real problem nya, anda bisa menganggapnya menyenangkan, tapi itu membutuhkan kerja keras yang sangan banyak. Dan membuat sebuah blog yang sukses saja sudah cukup menulitkan.

Kenapa satu blog saja itu sudah cukup bijak.

Saat ini saya sedang duduk dan debat (didada berkecamuk waktu nulis post ini πŸ˜€ ) dengan diri saya sendiri bagaimana saya memberitahu anda kenapa saya kok kepikirin ngejalanin satu blog itu yang terbaik. Saya pun memutuskan (ceilee) untuk membuat sebuah list daripada menjelaskan secara detail, banyak tauk males nulisnya. (bukan maksud saya berbagi ilmu setengah – setengah, tapi emang pada dasarnya gw males hhehe )

  1. Anda harus fokus pada banyak blog. Ini membuat anda harus melakukan semua hal yang tadi saya tulis dan sangat – sangat memakan waktu (SERIUS!)
  2. Memulai blog lain disaat blog anda belum Sukses adalah sebuah kesalahan yang besar!. Cari tahu bagaimana membuat sebuah blog yang sukses sebelum memulai yang lainnya!
  3. Kemungkinannya adalah anda harus menutup salah satu blog anda dikarenakan masalah waktu atau komitmen
  4. Lebih banyak anda bekerja maka akan semakin berkurang kesenangan dari blogging itu sendiri. Hal tersebut akan membuat anda bakalan terkekang, stress, lupa ingatan, gegar otak (lho lho ngelantur) dan menjadi blogger yang stress daripada yang bahagia dan mengakibatkan kegagalan besar.
  5. Berbeda dengan anggapan orang lain, menjalankan banyak blog tidak akan menghasilkan banyak uang ataupun populer lebih cepat. Malah itu bakalan bikin anda lebih lambat dan akan membuat anda kehilangan fokus pada blog yang anda miliki

Ada yang mau menambahkan? itu semua pendapat saya, tapi saya bakalan lebih seneng kalo ada yang bantu and kasih pendapatnya πŸ˜€

Rahasianya ada pada satu blog !

Saya sih percaya bakalan ada suatu waktu dimana anda seharusnya memulai blog baru. Jika kalian bener – bener ingin, dan bener – bener siap Just do it man. Bukan membuat blog baru disaat kalian pikir kalian siap, tapi ketika kalian memang benar – benar siap.

Ada yang kurang mengenakan atau ingin dibahas? Bahas saja disini, saya siap meladeni πŸ™‚

Iklan

15 Tanggapan to “Kenapa anda seharusnya tidak memiliki banyak blog”

  1. Jeprie Juli 8, 2010 pada 1:10 am #

    Menurut saya tidak bisa digeneralisir begitu. Sebagai contoh, chris spooner punya 3 blog (yang saya tahu). Situs pribadi, line25, dan spoongraphics. Semua terpisah dengan topik personal life, web design, dan desain AI & Ps.

    Banyak blog bisa dilakukan selama kita sanggup update. Walaupun begitu, bagi orang yang hanya menjadikan blogging sebagai hobi pasti sulit. Tapi jika penghasilannya dari blog, wajar saja.

    Jika memang blog itu bisa menghasilkan, cara termudah adalah dengan membayar penulis tamu.

    Contoh paling sukses untuk kasus ini Collis Ta’ed. Collis itu pemilik jaringan Envato yang membawahi semua Tuts+ (psdtuts, vectortuts, nettuts, aetuts, audiotuts, dst [total 9 situs]), workawesome, blogactionday, themeforest, graphicriver, dst. Penghasilannya dari blog mencapai jutaan dollar. Dia sendiri sudah tidak lagi update blog, semua diisi oleh penulis tamu yang dibayar.

    • ardianzzzz Juli 8, 2010 pada 3:33 am #

      Hehe, kisah-kisah sukses ya Pak jeprie..
      Prespektif saya, semua tergantung kemampuan narablog. Benar, mengurusi blog itu cukup merepotkan, susah, tidak semudah instalasinya πŸ™‚

      • Jeprie Juli 8, 2010 pada 7:42 am #

        Betul sekali. Mengurus itu yang susah. Instalasinya gampang. Hanya saja apa kita mau nginstall terus, ga maju-maju? πŸ™‚

      • ardianzzzz Juli 8, 2010 pada 5:03 pm #

        Haha, atau sekedar gonta ganti templet? πŸ˜›

  2. Graha Nurdian Juli 8, 2010 pada 5:31 am #

    @Jeprie
    Maaf balasnya terpaksa via mobile. Mungkin sebelumnya anda belum melihatnya secara keseluruhan. Di akhir saya membuat sebuah statement dimana saya mengatakan ‘anda bisa membuat blog lagi, bukan ketika anda pikir anda siap, tetapi ketika anda benar benar siap’ jadi disini saya tidak menekankan pada penggunaan satu blog saja
    @Ardianzz
    Hhaha iya menurut saya sih fun amd enjoynya cuma pas instalasinya aja, prosesnya berjalannya yang susah

  3. W|zNu Juli 9, 2010 pada 12:08 pm #

    waduh kapan blog ku bisa manghasilkan jutaan dolar ya πŸ˜€

  4. Asop Juli 11, 2010 pada 4:49 am #

    Benar sekali…. Saya aja kadang ngerasa satu blog udah cukup gak keurus kalo lagi sibuk2nya di dunia nyata. Komen gak kebales, postingan gak ke-update. :mrgreen: Jadi, silahkan punya blog banyak kalo bener2 nganggur (tapi ga mungkin kan?). πŸ™‚

    • grahadesain Juli 11, 2010 pada 7:30 am #

      Hahhaha setuju emang benar itu, tapi dulu saya juga sempet punya banyak blog, enjoy di instalasinya πŸ™‚ kaya mas Ardianzz itu

  5. Hengki Juli 11, 2010 pada 1:47 pm #

    Wah.. saya jadi malu :D.. semoga saya bertahan dengan blog terakhir saya

    • grahadesain Juli 13, 2010 pada 11:08 am #

      Kalau sampeyan sih saya rasa mampu πŸ™‚

  6. hellgalicious Juli 23, 2010 pada 6:42 am #

    saya punya 3 blog yg aktif
    1 khusus untuk blog, 1 khusus untuk microblogging, 1 khusus untuk desain.

    dan saya masih bisa mengatur dan mengapdet ketiga blog itu secara berkala.

    salam blogger!

    • grahadesain Juli 23, 2010 pada 10:58 am #

      Ok
      biar ga salah persepsi lagi ya saya jelasin lagi
      “ANDA BISA BIKIN NGEBLOG LAGI JIKA ANDA MEMANG BENAR – BENAR MAMPU”

  7. Masdin Agustus 6, 2010 pada 12:45 pm #

    Pertama-tama maaf mas komentarnya baru saya approve karena koneksi Internet saya selama beberapa hari terakhir is dead.

    Satu, dua, atau tiga blog semuanya kembali pada diri pribadi masing-masing narablog. Apa orientasinya? Berapa banyak waktu yang dimiliki? Sumberdaya apa aja yang tersedia?

    Saya setuju dengan pernyataan pada paragraf terakhir di atas, sebab di awal mengenal blog lazimnya narablog hanya akan mengelola 1 blog. Tetapi ketika 1 blog itu dirasa sudah mapan, sudah sukses, sementara waktu dan sumberdaya yang dimiliki masih ada, maka why not jika perlu membuat 1 blog baru lagi. Setelah punya 2 blog, dimana blog pertama terus berkembang dan blog ke-2 kembali mencapai kondisi seperti blog pertama saat blog ke-2 dibuat, dan sumberdaya masih ada, maka why not jika perlu menambah 1 blog lagi. dan seterusnya… dan seterusnya…

    Penambahan satu demi satu blog tentu bisa terus dilakukan dengan catatan sumberdaya masih tersedia, dalam hal ini banyak cara yang bisa ditempuh seperti pada komentar mas Jeprie di atas.

    • Masdin Agustus 6, 2010 pada 12:46 pm #

      oh iya mas, komentarnya di blogku tempo hari termoderasi karena mengandung link πŸ™‚

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: