6 Pertanyaan yg harus dijawab sebelum redesain

5 Agu

Akhirnya good mood juga dalam menulis hehe maaf yah kalo saya terbilang jarang banget update blog πŸ™‚ Kali ini saya mau bikin tips tentang pertanyaan yang harus kita jawab sebelum kita melakukan redesain pada web/blog kita. Mengingat banyak blog sahabat yang melakukan proses redesain seperti Mas Ardian (spesial mas Ardian ini realign πŸ™‚ ) Redesain, adalah proses dimana kita mendesain ulang desain yang sudah ada, karena proses redesain memakan waktu yang cukup lama (sama kayak desain sih) maka dari itu anda harus memiliki alasan yang kuat sebelum melakukan desain ulang πŸ™‚

1. Apa tujuan anda dalam melakukan redesain?

Secara umum pasti ada tujuan dibelakang mendesain ulang sesuatu. Entah itu memperbaiki website, membuat logo baru dll, jarang sekali anda mendesain ulang hanya karena ‘ingin melakukannya’. Secara umum mendesain ulang mempengaruhi branding kita dan keberlanjutan dari marketing yang telah kita lakukan, jadi kecuali keuntungan yang anda dapat setara atau lebih dengan masalah yang ditimbulkan proses redesain itu sendiri, mungkin anda harus memilih pilihan alternatif lain saja, enggak usah mengulang lagi sesuatu dari nol lah hehehe

2. Siapa yang saya targetkan untuk proses redesain ini?

Ketika anda memastikan tujuan spesifik untuk redesain anda partikan untuk memperhitungkan target pembaca anda juga. Respon dari beberapa demografi yang berbeda membedakan beberapa warna, bentuk, tekstur dan elemen penting desain lainnya. Kadang, sebagai desainer, kita tersangkut pada sesuatu yang kecil yang terlihat bagus untuk kita dan lupa bahwa kita mendesainnya untuk orang lain juga. Ingat Design through the eyes of a non-designer akan membuat anda bisa mendesain secara efektif terhadap target pembaca kita

Design through the eyes of a non-designer

3. Kenapa saya melakukan proses redesain sekarang?

Pertanyaan ini menyangkut tentang timing. Apa yang membuat anda memutuskan untuk meredesain website anda, logo dll.? Sebagai contoh pada blog saya grahanurdian.web.id yang dulu, ketika saya memakai theme yang ringan banyak pengunjung yang datang, page view, view on page time sangatlah tinggi, namun ketika saya redesain dengan tema yang lebih kompleks dan atraktif malah banyak pengunjung saya yang kabur. Jadi redesain lah dengan bijaksana

Redesign wisely πŸ™‚

4. Seberapa banyak perubahan yang perlu saya lakukan?

Melanjutkan dari pertanyaan diatas, saya sudah melakukan banyak perubahan terhadap website yang saya miliki sejak redesain pertama. Saya menambahkan banyak fitur dan halaman dasar seperti kontak, dll. saya juga memperbaiki letak sidebar dan footer. Ketika saya mengrealisasikannya, saya tidak langsung melakukan redesain. Saya hanya memperbaiki desain yang saya miliki.

Intinya? kadang – kadang anda tidak perlu mengubah seluruh logo, website dll. Kadang semuanya hanya membutuhkan sediki perubahan, realign :), atau memikirkan beberapa elemen lainnya.

Semakin sedikit perubahan yang ada, semakin bagus anda bisa mempertahankan branding dan usabilitas konsistensi terhadap pengguna/pelanggan anda.

5. Berapa lama desain ini akan bertahan?

Saya pernah melihat seorang desainer yang bener – bener redesain seluru website mereka setiap 6 – 8 bulan. Aneh, menurut saya hal ini sedikit ‘bodoh’ (maaf). Satu pertanyaan inti ketika anda meredesain semuanya adalah berapa lama desain anda akan bertahan?. apakah anda ingin membuat sebuah logo yang terlihat trendy pada tahun ini, anda akan perlu untuk meredesain logo tersebut lagi ?

Untuk membuat redesain anda bertahan selama mungkin pertimbangkan hal dibawah ini

  1. Jangan mendesainnya terlalu trendy, atau anda akan perlu mendesainnya lagi.
  2. Pertimbangkan perkembangan perusahaan/organisasi anda. Mendesain website, logo dll. dapat berkembang dan memfluktuasi secara cepat

6. Apa tujuan dan keinginan anda?

Terakhir, untuk menstabilkan tujuan dan keinginan anda untuk redesain. Apa yang ingin anda selesaikan? jika keinginan anda adalah untuk membuatnya ‘terlihat lebih baik’ mungkin anda harus memikirkannya dua kali sebelum meredesain total.

Tambahan kritik dan saran diterima disini

Ada yang mau menambahkan? ga usah malu – malu bro, kita sama – sama belajar disini πŸ™‚

2 Tanggapan to “6 Pertanyaan yg harus dijawab sebelum redesain”

  1. Gus Ikhwan Agustus 6, 2010 pada 7:52 am #

    iya mas, sebelum redesain kita sering juga disibukan dengan menggambar sketsa tampilan, memilah dan milih mau menggunakan berapa kolom, lebar content, dll
    tapi bagaimana dengan user di blogspot yang sering gonta ganti tampilan apalagi jika ada tutorial baru

    • grahadesain Agustus 11, 2010 pada 4:38 pm #

      Iya nih karena prosesnya lama biar ga wasting time gitu harus dipikir matang – matang

Tinggalkan Balasan

